navigasi menu

Friday, August 4, 2017

Sosmed Marketing

1. Mengenal Sosmed Marketing
Apa itu sosmed marketing? Sosmed Marketing adalah teknik marketing yang menggunakan Social Media sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk (Link Halaman Website Bisnis Online) atau suatu jasa, atau produk lainya secara lebih spesifik. Sosmed marketing lebih kepada pembangunan dan pemanfaatan area Social Media sebagai sarana atau tempat untuk membangun target pasar dari bisnis online anda. Dalam pembangunan Sosmed marketing perlu diingat bahwa kita harus membangun kelompok atau target pasar dengan sikap saling menghormati dan selalu berkomunikasi dengan target pasar.
Sosial Media

Oleh karena itu, sosmed adalah platform yang perlu dimanfaatkan bila ingin melakukan pemasaran online. Sosmed marketing bisa kita artikan menggunakan sosmed untuk kepentingan pemasaran. Kita dapat menggunakan sosmed untuk berinteraksi dengan pelanggan ataupun target pasar kita. Sosmed dapat kita gunakan untuk mempromosikan produk/bisnis kita.

Lantas, siapa sajakah yang pantas melakukan Sosmed Marketing?
  • Pemilik bisnis kecil dan menengah. anda punya usaha? atau anda punya toko online? atau anda punya usaha lainnya? maka, anda dapat memanfaatkan sosmed untuk menjaring lebih banyak pembeli. Tak hanya para pelaku UKM,brand-brand yang sudah terkenal dan besar saja juga perlu memanfaatkan sosmed.
  • Pelaku industri kreatif. Misalnya, Anda seorang desainer, photografer, youtober atau pengembang aplikasi, seniman, penyanyi dan lain-lain. Anda dapat memanfaatkan sosmed untuk menjaring lebih banyak audiens.
  • Pemilik website. Seorang blogger atau pengelola web jangan lupa untuk memanfaatkan sosmed juga sebagai salah satu sumber trafik blog agar pengunjung lebih banyak lagi. bahkan media-media arus utama pun tidak ketinggalan untuk memanfaatkan sosmed.
2. Cara Pemasaran Sosmed Marketing
Ada berbagai cara untuk melakukan pemasaran online di sosmed. Berikut pembahasan selengkapnya:
  • Membuat postingan yang berkaitan dengan bisnis anda. Cara pertama adalah dengan membuat postingan yang berkaitan dengan bisnis atau produk anda. Contohnya : ketika kita baru merilis produk, maka anda dapat sampaikan hal tersebut di akun sosmed atau grup sosmed anda Contoh lain, misalkan ketika kita memiliki bisnis dan anda sedang mengadakan event, maka anda bisa bagikan info event tersebut digrup. Anda dapat mengundang member grup untuk berpartisipasi diacara yang anda adakan.
  • Tampilkan alamat web/info kontak/ logo bisnis anda di setiap produk yang anda bagikan. Misalkan, ketika anda menulis postingan maka di akhir posting anda dapat menyertakan link menuju website atau halaman sosmed anda. Atau ketika anda mengunggah foto/video ke grup, pastikan alamat web anda di video atau foto tersebut. Dengan melakukan hal ini anda skaligus meningkatkan ingatan member terhadap bisnis anda.
  • Bergabung di grup jual beli. Di media sosial, memang ada banyak grup yang berfokus pada urusan jual beli. Jadi, ketika ketia bergabung di grup tersebut kita dibebaskan untuk menawarkan produk kepada sesama member. 
3. Memanfaatkan Sosmed
Manfaatkan pula fitur momen untuk mengenalkan bisnis anda. dengan memakai fitur ini, anda dapat mencatat kejadian-kejadian  penting  dalam hidup anda. Misalkan, anda baru saja membuka bisnis baru, maka abadikan jal tersebut di momen di sosial media anda.

Ceritakan tentang bisnis anda!
sesekali anda juga dapat menceritakan tentang bisnis anda melalui posting. Misalnya anda baru membuka cabang baru, anda baru merilis produk baru, atau anda akan mengadakan seminar. nah, hal ini dapat anda ceritakan di sosmed anda seperti testimoni atau respon pembeli agar para pelanggan yakin dengan produk atau bisnis anda

Demikian penjelasan singkat tentang sosmed marketing, saya pun juga memakai sosmed media marketing untuk mempromosikan jasa editing foto dan sosmed markeitng sangat mempermudah para pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya agar bisnis semakin lancar. Terimakasih sudah membaca salam blogger 

No comments:

Post a Comment