navigasi menu

Thursday, August 3, 2017

Minat dan Bakat

Sebenarnya minat dan bakat itu apa sih!!! apa perbedaannya terkadang orang dewasa atau pun anak kecil pun susah untuk membedakannya. Begitu pula saya sebelum saya mencari tahu apa itu minat! apa itu bakat!

Minat!
Minat adalah kesadaran yang timbul.  Minat yang sangat besar tentu akan mempengaruhi cara dan tingkat kemalasan seseorang. Definisi minat menurut para ahli Syaiful Bahri Djamarah dalam bukunya "Psikologi Belajar" yaitu aktivitas atau kegiatan yang menetap  dan dilakukan untuk memperhatikan dan mengenang beberapa aktivitas yang disukai baik disengaja atau tidak.

Karakteristik Minat
  1. Menimbulkan sikap positif terhadap suatu objek.
  2. Adanya sesuatu yang menyenangkan yang timbul dari sesuatu objek itu.
  3. Mengandung suatu pengharapan yang nantinya menimbulkan keinginan untuk melakukan sesuatu, atau biasa disebut dengan gairah.
Faktor yang Mempengaruhi  Terbentuknya Minat
Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi lahirnya minat dari dalam diri seseorang, antara lain:
  • Faktor dorongan merupakan faktor yang paling dekat dengan diri kita, dimana faktor tersebut memang timbul atau hadir dari diri kita sendiri. Faktor ini dianggap paling  penting karena tanpa adanya faktor ini, minat seperti apapun tidak akan pernah muncul ataupun diwujudkan. Contohnya ketika kita ingin meredakan stress maka kita akan melakukan kegiatan seperti jalan-jalan atau bermain. Hal ini muncul dari diri sendiri.
  • Faktor motif sosial menjadi hal selanjutnya yang bisa mempengaruhi minat, faktor ini merupakan faktor  untuk melakukan suatu aktivitas agar dapat diterima dan diakui oleh lingkungannya. Minat ini semacam kompromi pihak individu dengan lingkungan sosialnya. Misalnya minat pada studi karena ingin mendapatkan penghargaan dari sekolah dan orang tua. 
  • Faktor emosional hubungannya erat sekali dengan emosi, karena faktor ini termasuk yang kompleks dengan menyertai seseorang yang berhubungan dengan objek dan minatnya. Kesuksesan seseorang pada aktivitas disebabkan karena aktivitasnya tersebut menimbulkan perasaan suka ataupun puas, sedangkan jika kegagalan menghampiri maka mengurangi minat seseorang terhadap kegiatan yang bersangkutan.

Untuk dapat mengembangkan minat, kita terlebih dahulu untuk mengetahui minat apa yang sebenarnya kita miliki dan juga inginkan. Jangan terpengaruh oleh orang lain dan cobalah untuk menyiapkan strategi apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi sebuah tantangan ataupun kegagalan. Minat, bakat dan motivasi atau sejenis hal lainnya merupakan hal yang memiliki hubungan erat untuk dilakukan. Fakta ini membantu kita untuk bisa terus berkembang dengan adanya minat.



Bakat!

Bakat itu sifat dasar, kepandaian dan bawaan yang dibawa sejak lahir. Bakat merupakan suatu kemampuan yang telah di miliki oleh setiap manusia untuk mempelajari sesuatu dengan sangat cepat dalam waktu yang pendek dibandingkan dengan orang lain dan memiliki hasil yang lebih baik pula. Bakat telah dimiliki oleh setiap manusia dia lahir ke dunia ini. Bakat yang dimiliki oleh seseorang beragam ada yang pintar dalam hal seperti melukis, bernyanyi, menari dan lain sebagainya.

Definisi bakat menurut para ahli William B. Michael (surakarta : 1995) yaitu Bakat merupakan kapasitas pada diri seseorang di dalam melakukan tugasnya dan melakukan dengan pengaruh dari latihan yang dijalaninya.

Jenis-Jenis Bakat

Bakat memiliki jensi yang antaranya yaitu:
  1. Bakat Umum : Bakat umum merupakan suatu bakat atau kemampuan yang dimiliki oleh semua orang secara umum.
  2. Bakat Khusus : Bakat khusus merupakan suatu bakat atau kemampuan yang dimiliki oleh sebagian orang dan khusus seperti olahraga, seni dan lainnya.
Jadi minat merupakan kecenderungan atau arah keinginan terhadap sesuatu untuk memenuhi dorongan hati. Minat itu dorongan dalam diri sendiri terhadap sesuatu dalam mewujudkan pencapaian tujuan dan cita-cita yang menjadi keinginannya. Sedangkan bakat, Bakat itu seperti harta karun yang sifatnya terpendam dan harus kita gali (kembangkan maka si bakat inilah yang akan menjadi investasi kita masa depan, yang akan mengantarkan kita pada pintu kesuksesan!

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu minat dan bakat semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. ðŸ™‚ ðŸ™‚ ðŸ™‚


No comments:

Post a Comment