navigasi menu

Sunday, February 18, 2018

Suntikan obat bius saat saya sesar

Anastesi epidural (suntikan obat bius lewat tulang belakang), yang biasanya digunakan saat akan operasi Caesar. 

Prosesnya tidak sampai 10 menit, tetapi menyisakan trauma seumur hidup. Iya memang seumur hidup saya tidak akan pernah lupa bagaiman rasanya sesaat jarum suntik menancap ditulang belakang saya sebelum operasi sesar 1 bulan yang lalu.

Saat akan dilakukan penyuntikan anastesi saya disuruh meluk guling sama pegangan tangan dokternya karna rasa sakit obat bius nya yang tidak bisa digambarkan seperti apa rasanya, pokoke suakit pengen nangis rasanya beberapa menit kemudian badan langsung mati rasa. 

Itu baru tahap awal operasi. Selanjutnya ketika obat bius sudah masuk, perlahan2 tubuh bagian bawah mati rasa dan tim bedah mulai membuat sayatan demi sayatan hingga rahim terbuka dan bayi bisa dikeluarkan. 

Perjuangan menjadi seorang ibu belum berhenti sampai di situ saja. Hari-hari kemudian berikutnya ibu  (saya) merasakan nyeri punggung yang berat dan setiap bangun dari tempat tidur butuh perjuangan. Bahkan untuk batuk atau tertawa pun sangat terasa sakit pada bekas operasi sampai sekarang selalu hati-hati kalau batuk. 

Jadi, bagi yang merasa sering nyinyir dengan mengatakan "ibu yg tidak melahirkan normal belum menjadi wanita sempurna & ah manja masak berbulan-bulan belum sembuh juga", helo! monggo para ibu-ibu dan istri mas bapak lainnya cobain yah ibu-ibu dan istri kalian lakukan operasi sesar supaya tau rasanya. 

Terimakasih. untuk membaca proses pengalaman waktu saya sesar klik link dibawah ini yak. 

No comments:

Post a Comment